Berita

    Expansion Valve: Komponen dan Cara Kerjanya

    Expansion valve merupakan salah satu komponen penting pada AC mobil Anda. Disebut juga sebagai katup ekspansi, alat ini memiliki peran penting sehingga AC bisa bekerja optimal mendinginkan ruang kabin mobil. 

    Tidak bisa dipungkiri bahwa peran AC memang sangat penting dan bisa meningkatkan rasa nyaman para pengemudi maupun penumpang. Mari cari tahu apa sebenarnya fungsi katup ekspansi ini dalam mendukung performa AC di mobil Anda. 

    Komponen Expansion Valve

    Sebenarnya apa itu katup ekspansi? Ini merupakan jenis katup yang bertugas menurunkan tekanan freon. Posisinya berada di saluran masuk menuju evaporator. 

    Ada beberapa komponen yang menyusun katup ekspansi. Komponen-komponen yang dimaksud adalah diafragma, saluran inlet dan outlet, katup, spring, jarum, dan heat sensing tube

    Katup ekspansi ini memiliki cara kerja yang sebenarnya sangat sederhana. Katup nantinya akan menyalurkan freon. Jumlah freon yang disalurkan sesuai dengan freon yang dikeluarkan dari bagian evaporator. 

    Fungsi Expansion Valve

    Tentu saja komponen yang satu ini memiliki fungsi penting bagi AC mobil Anda. Berikut adalah beberapa fungsi yang dijalankan oleh katup ekspansi:

    • Menurunkan Tekanan Freon

    Bagian ini akan membantu menurunkan tekanan freon alias mengabutkan freon. Freon pada awalnya memiliki tekanan yang tinggi karena hasil dari kompresi. Tekanan yang tinggi ini harus diturunkan agar fungsi AC bisa optimal. 

    Saat tekanan freon menurun, maka proses pendinginan di evaporator bisa berjalan lebih efektif. Hasilnya, udara yang keluar dari AC akan menjadi dingin. 

    • Menurunkan Suhu Freon

    Expansion valve juga bertugas menurunkan suhu freon. Katup ini akan bekerja mendinginkan suhu freon atau refrigerant

    Sebenarnya penurunan suhu dari freon ini juga terjadi sebagai salah satu akibat penurunan tekanan freon. Jika tekanan menurun maka secara otomatis suhunya juga menurun sampai -30 derajat celcius

    • Mengatur Banyaknya Freon

    Selain menurunkan tekanan dan suhu freon, alat ini juga akan membantu mengatur banyaknya freon yang dikeluarkan. Katup tersebut akan mengatur seberapa banyak freon yang akan disalurkan menuju evaporator. 

    Jumlah freon ini akan disesuaikan dengan beban pendinginan dari AC. Banyaknya freon akan diatur sesuai sensor panas yang ada di heat sensing tube. Semakin tinggi suhunya maka freon yang harus dikeluarkan juga semakin banyak. 

    Apa yang Terjadi Jika Katup Ekspansi Rusak?