Berita

    Featured Image

    Ketahui Jenis Dari Rest Area & Perbedaannya.

    Istirahat sangat dibutuhkan untuk Anda yang tengah menempuh perjalanan jarak jauh dan waktu yang lama. Karena ini sangat penting untuk menjaga kestabilan kondisi Anda dalam mengemudikan kendaraan Anda.

    Melewatkan istirahat dapat menyebabkan risiko terjadinya kecelakaan. Anda tidak mau untuk meninggalkan orang-orang terdekat secepat ini, bukan?

    Memanfaatkan Rest Area

    Maka dari itu, jika Anda sedang melewati perkotaan, Anda dapat beristirahat di masjid atau juga bisa di motel kota tersebut. Kemudian, ketika Anda sedang melewati hutan, Anda dapat meminggirkan mobil Anda untuk beristirahat sejenak sampai energi terkumpul kembali.

    Untuk Anda yang sedang berada di jalan tol, Anda dapat memanfaatkan rest area untuk beristirahat. Tempat ini memang disediakan untuk orang-orang yang tangah kelelahan dalam perjalanan mereka melewati jalan tol.

    Nah, apakah Anda telah memanfaatkan adanya tempat ini dengan maksimal? Apakah Anda juga telah mengetahui 3 jenis rest area? Jika belum, maka Anda sebaiknya tidak melewatkan secuil informasi di bawah ini. 

    3 Jenis Rest Area

    Menurut laman pu.go.id, tempat peristirahatan jalan tol terbagi menjadi 3 jenis, yaitu A, B, dan C. Pembagian tersebut disesuaikan bersama sejumlah fasilitas yang tersedia di dalamnya. 

    Tidak hanya itu, tempat ini pun difungsikan untuk pembelajaran dengan menyediakan informasi tentang macam-macam hal, seperti contohnya yaitu UMKM, oleh-oleh, dan tempat wisata.

    Maka dari itu bisa disimpulkan bahwa selain menjadi tempat peristirahatan pengguna jalan tol, rest area juga berguna sebagai tempat pemasaran produk lokal serta pengembangan wilayah sekitar.

    Antara tempat peristirahatan jalan tol satu dengan lainnya memiliki jarak interval yang sama. Hal ini diatur dalam ketentuan yang tertulis dalam Peraturan Menteri PUPR No. 10 Tahun 2018 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan pada Jalan Tol.

    Jadi, menurut Peraturan Menteri PUPR No.10 Tahun 2018 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan pada Jalan Tol, di bawah ini merupakan perbedaan antara jenis A, B, dan C.

    • Jenis A

    Tempat peristirahatan jalan tol jenis ini mempunyai area yang lebih longgar dan luas. 

    Fasilitas tempat ini pun lengkap. Anda bisa menjumpai SPBU, ATM, toilet umum, bengkel, mushola, klinik kesehatan, minimarket, kios, ruang terbuka hijau, tempat parkiran kendaraan, sampai restoran.

    • Jenis B